Tips Mengambil Keuntungan Jual Beli Dalam Islam

Tips Mengambil Keuntungan Jual Beli Dalam Islam. Perkembangan dunia yang semakin modern tentu berdampak kepada banyak hal. Mulai dari bergeraknya segala industri ke dunia digital, sampai dengan mulai banyaknya industri kecil yang dibuat masyarakat umum. Hal tersebut terjadi karena semakin sempitnya lowongan pekerjaan yang tersedia, di sisi lain sarjana yang dihasilkan semakin banyak setiap tahunnya.

Banyaknya industri kecil ini memang telah menjadi sebuah pilihan terbaik yang bisa diambil dalam kondisi seperti sekarang. Industri ini juga bisa dimulai dengan modal berapapun. Bahkan banyak dari pengusaha sukses memulai usahanya dari tanpa modal. Dengan fleksibelnya hal tersebut membuat industri kecil ini mulai digandrungi masyarakat luas.

Dalam kegiatan jual beli tentu banyak hal yang perlu diperhatikan. Sebagai seorang muslim, ada beberapa aturan yang telah ada untuk membatasi kegiatan jual beli. Oleh karena itu, ketika mengambil keuntungan dalam kegiatan tersebut memiliki beberapa syarat tertentu yang harus diperhatikan. Sehingga, segala sesuatu yang di lakukan memiliki berkah dan manfaat baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Lalu apa saja, tips mengambil keuntungan jual beli dalam Islam?

 

Berdagang Sesuai dengan Syariat Islam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa perdagangan merupakan sebuah kegiatan yang mulai diminati oleh masyarakat umum. Dengan menjanjikan keuntungan yang besar, kegiatan ini membuat banyak masyarakat merasa nyaman ketika melakukannya. Namun, sangat disayangkan ketika banyaknya pedagang yang masih belum mengetahui perdagangan menurut syariat Islam.

Tips mengambil keuntungan jual beli ketika berdagang yang pertama adalah menyesuaikan dagangan sesuai dengan syariat Islam. Hal ini tercantum dalam surat An-Nisa ayat 29. Di mana ayat tersebut menjelaskan bahwa perniagaan atau perdagangan merupakan salah satu kegiatan yang diperintahkan Allah untuk menghindari jalan yang bathil.

 

Jumlah Keuntungan yang Diambil

Sangat amat disayangkan ketika seorang pedagang belum mengetahui jumlah keuntungan yang boleh diambil dalam Islam. Hal tersebut terlihat dari beberapa barang dagangan yang memiliki lonjakan harga yang sangat tajam ketika dalam kondisi tertentu. Sehingga bagaimanapun hasilnya nanti, keuntungan yang diambil dianggap tidak halal ataupun tidak memiliki berkah kepada pedagang tersebut.

Dalam tips mengambil keuntungan jual beli ini memang tidak ada aturan tetapnya, namun ada beberapa fatwa yang sudah dipegang sejak lama oleh banyak ulama di dunia. Keuntungan boleh diambil sebesar dua kali lipat, jika kondisi dan syarat tertentu dipenuhi oleh pedagang terkait. Banyak ulama yang menyarankan untuk mengambil keuntungan sebesar kurang lebih satu per tiga dari total harga barang.

 

Menghindari Segala Tindak Kecurangan

Jika membicarakan mengenai dunia perniagaan atau perdagangan maka tak luput dari sisi negatif yang ada. Sisi tersebut adalah kompetisi yang sangat ketat antar satu pedagang ke pedagang lainnya. Kompetisi tersebut menyebabkan situasi yang tidak sehat dalam kegiatan ini. Mulai dari penipuan terkait dengan kualitas barang, manipulasi kuantitas barang, sampai dengan menggunakan hal negatif tertentu untuk membantu penjualan.

Hal ini pun bisa dibilang amat dilarang dalam Islam. Semua hal yang telah diucapkan sebelumnya merupakan suatu aktivitas yang haram dilakukan oleh semua pedagang. Keuntungan yang nantinya diraih pun tidak hanya berbahaya bagi pedagang terkait, namun kepada siapapun yang menikmati hasil penjualan tersebut. Sehingga, tips mengambil keuntungan jual beli di atas cukup penting dalam dunia perdagangan.

Dengan tips mengambil keuntungan jual beli tersebut, maka setiap pedagang diharapkan mampu mengambil keuntungan yang halal serta sesuai dengan syariat Islam. Sehingga keuntungan tersebut tidak menyebabkan bahaya di masa yang akan mendatang.

Bagi anda yang ingin usaha anda sukses bisa gunakan sarana spiritual dari Mbak Hidayah. Silahkan Klik Gambar Dibawah ini

 62 total views,  1 views today