Langkah Keselamatan Dalam Makmal

Langkah Keselamatan Dalam MakmalMakmal atau laboratorim merupakan sebuah bilik yang digunakan untuk melakukan penelitian scientific. Dari lab inilah muncul berbagai penemuan baru yang berdampak besar dalam kelangsungan hidup manusia. Namun dalam bilik ini juga banyak bahaya mengintai, tentu saja ini karena banyak objek dan cairan berbahaya yang terdapat didalamnya. Karena alasan itulah sangat penting untuk pengguna lab ataupun mereka yang bekerja di lap untuk senantiasa memperhatikan langkah keselamatan dalam makmal.

Makmal tidak hanya digunakan untuk mereka para praktisi profesional saja, tetapi juga oleh sekolah-sekolah dalam rangka pembelajaran dan praktikum. Tentu saja ini akan menimbulkan resiko kecelakaan yang lebih besar, sebab mereka masih berada dalam tahap belajar dan belum sepenuhnya memahami fungsi dan dampak dari masing-masing benda atau cairan yang ada. Selain itu mereka juga biasanya tidak dibekali dengan peralatan safety yang memadai. sehingga menimbulkan tingkat resiko yang lebih besar terhadap terjadinya cedera akibat kecelakaan kerja.

Oleh sebab laboratorium merupakan tempat yang berbahaya karena menyimpan banyak cairan kimia, maka perawatan dan penggunaannya harus dilakukan dengan bijak. Maka tidak heran jika kemudian banyak sekali peraturan yang harus dipatuhi saat menggunakan lab, diantaranya adalah:

  1. Gunakan alat dan bahan sesuai dengan petunjuk praktikum
  2. Jangan melakukan eksperimen sebelum mengetahui informasi mengenai bahaya bahan kimia, alat-alat, dan cara penggunaan
  3. Mengenali semua jenis peralatan keselamatan kerja dan letaknya untuk memudahkan pertolongan saat terjadi kecelakaan kerja
  4. Gunakan perlengkapan safety laboratorium saat bekerja di laboratorium
  5. Wajib untuk mengetahui cara pemakaian alat darurat
  6. Berhati-hatilah bila bekerja dengan asam kuat reagen korosif
  7. Setiap pekerja laboratorium wajib mengetahui cara memberi pertolongan pertama pada kecelakaan
  8. Lakukan latihan keselamatan kerja secara periodik dan masih banyak lagi peraturan lainnya.

Hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah penggunaan alat pelindung diri atau keselamatan kerja seperti jas, sarung tangan, sepatu, kacamata dan sebagainya. alat pelindung diri ini akan melindungi tubuh Anda dari resiko cedera yang terjadi akibat kecelakaan lab. Sehingga akan meminimalisir atau bahkan menghilangkan resiko cedera.

Mematuhi dan menjalankan langkah keselamatan dalam makmal penting untuk diikuti oleh setiap pekerja lab, karena ini adalah untuk kebaikan diri sendiri serta pengguna lab lainnya. Namun seringkali meski telah mengaplikasikan seluruh langkah keselamatan kecelakaan dan cedera masih saja terjadi. Karena kita tidak akan pernah tahu berapa besar kapasitas kecelakaan yang terjadi, kapan terjadinya dan seperti apa dampak yang ditimbulkan. Oleh sebab itulah selain melakukan pencegahan dan perlindunga diri dengan menerapkan langkah keselamatan dalam makmal, kita juga harus membarenginya dengan ikhtiar batin, memohon kepada Tuhan agar senantiasa dilindungi dan dijauhkan dari marabahaya, karena sebaik-baik perlindungan adalah perlindungan yang datang dari Allah, Tuhan yang maha melindungi.

Ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perlindungan Tuhan, diantaranya adalah dengan berdoa, mendekatkan diri serta bertaqwa. Anda juga bisa melakukan ikhtiar dengan jalan spiritual seperti misalnya mengamalkan amalan untuk memohon perlindungan diri yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW maupun para imam. Amalan keselamatan ini merupakan sebuah amalan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan perlindungan dan keselamatan dalam menjalani segala aktivitas, terutama dalam bekerja di makmal. Seseorang yang memiliki amalan keselamatan akan dilingkupi energi kuat yang senantiasa melindunginya dari berbagai bentuk marabahaya.

1,284 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini